Permudahkan Aktivitas Bongkat Muat, Pelabuhan Tengkayu I Bakal Difasilitasi Crane

TARAKAN – Sebagai pelabuhan Kapal Cepat tersibuk di Kalimantan Utara (Kaltara) setiap tahunnya Pelabuhan Tengkayu I terus mengalami lonjakan aktivitas baik dari keberangkatan manusia maupun pengiriman barang. Sehingga guna memaksimalkan kelancaran aktivitas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara berencana memasang crane sebagai fasilitas pendukung Pelabuhan.

Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Dishub Kaltara Andi Nasuha mengatakan, pihaknya berencana akan menganggarkan pengadaan barang mobile crane untuk mempermudah aktivitas bongkar muat barang dari kapal maupun sebaliknya. Diharapkan dengan adanya crane maka memudahkan barang-barang diangkut maupun sebaliknya.

“Melihat aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan speedboat Tengkayu I dilakukan manual atau hanya mengandalkan buruh bongkar muat. Kami berharap nanti ada tambahan anggaran yang kita bisa anggarkan untuk mobile crane supaya mempermudah bongkar muat barang para buruh angkut serta memperlancar aktivitas di pelabuhan tersebut,” jelasnya.

Adapun jumlah anggaran yang harus disiapkan untuk pengadaan mobile crane di pelabuhan speedboat Tengkayu I, pihaknya belum bisa pastikan lantaran harus melakukan kajian terlebih dulu.

“Kalau untuk jumlah anggaran belum kami pastikan. Tapi untuk maksimalkan anggaran yang ada kami memfungsikan semua ada disitu sehingga satu persatu fasilitas di situ kita benahi,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *