Lebih Meriah, Iraw Tana Tidung Tahun Ini Bakal Digelar 20 Hari

Iraw Tana Tidung yang digelar pada tahun 2022 lalu.

TANA TIDUNG – Helatan Iraw Tana Tidung tahun ini dipastikan akan digelar meriah selama 20 hari. Selain lebih meriah, agenda dua tahunan ini juga dipastikan akan lebih awal digelar jika dibandingkan dengan kegiatan serupa di 2022 lalu.

Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali, menjelaskan, dimajukannya Iraw 2024 karena adanya gelaran pesta demokrasi yang bakal digelar pada September.

“Selama ini kan Iraw itu digelar setelah rapat paripurna HUT Tana Tidung di bulan Oktober. Tahun 2024 nanti akan digelar di bulan Juli,” ungkap Ibrahim Ali.

Artinya tidak akan menghilangkan esensi semangat dari roh HUT Tana Tidung itu sendiri.

Iraw akan didesain digelar selama 20 hari mulai 20 Juli hingga 10 Agustus. Pada 10 Agustus siang akan digelar rapat paripurna penetapan HUT Kabupaten Tana Tidung, malamnya acara penutupan Iraw.

“Esensinya sebenarnya tidak lepas, hanya kita majukan aja acaranya, biasanya kan agak mundur di bulan Oktober, “ ujarnya.

Orang nomor satu di Tana Tidung ini menjelaskan, pada dasarnya Iraw merupakan pesta rakyat sehingga hiburan akan diberikan kepada masyarakat dengan mendatangkan artis artis besar di Bumi Upun Taka.

“Kemudian yang paling penting lagi bagaimana menggerakkan UMKM dan ekonomi yang ada di Tana Tidung, insyaallah akan terasa peningkatannya,” terangnya.

Selain itu, Iraw yakni adanya terobosan baru pada pemecahan rekor MURI yang mengedepankan bagaimana menyatukan harmonisasi semua etnis yang ada di Tana Tidung.

“Pasti nanti ada sesuatu yang lebih menarik yang mungkin tidak dilakukan di Iraw sebelumnya di kabupaten kota lainnya dan menggerakan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Untuk pemecahan rekor MURI akan melibatkan semua paguyuban, baik itu Toraja, Tidung, Jawa, Kenyah, Lundayeh, Bulusu dan lainnya, semua akan diberikan panggung. (DAZ)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *