Sudah Tau Belum? Sejarah Penetapan Hari Batik Nasional

BATIK bukan hanya sekedar pakaian, bukan juga hanya selembar kain bermotif. pada batik terdapat nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Setiap garis, gores, lingkaran, dan tinta yang menempel pada kain tersebut mempunyai nilai yang dalam.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita patut senang dan bangga mengenakan batik. Terlebih lagi batik telah diakui sebagai salah satu warisan dunia milik Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Ternyata batik juga punya hari nasional tersendiri lho, penasaran kapan diperingatinya? Berikut rangkuman tanggal beserta sejarah penetapan tanggal tersebut sebagai Hari Batik Nasional.

Hari Batik Nasional Tanggal Berapa?

Berdasarkan buku ”Kebanggaan Indonesia: Batik Menjadi Warisan Dunia” karya Dodi Mawardi, tanggal 2 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Penetapan ini supaya batik lebih bermakna sebagai warisan budaya Indonesia.

Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan budaya tak benda. Lalu mengapa tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional?

Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober

Perjalanan di balik penetapan Hari Batik Nasional bukanlah peristiwa yang sederhana. Pada tanggal 4 September 2008, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendaftarkan batik ke UNESCO. Pendaftaran dilakukan oleh Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia.

Proses pengukuhan batik Indonesia sebagai warisan dunia memerlukan waktu yang cukup lama sejak mulai didaftarkan. Pada tanggal 9 Januari 2009, pengajuan tersebut diterima secara resmi. Setelah itu, dilakukan pengujian secara tertutup oleh UNESCO.

Pengujian itu berlangsung dari tanggal 11-14 Mei 2009 di Paris. Batik akhirnya dikukuhkan dan resmi terdaftar sebagai warisan kemanusiaan karya agung budaya lisan dan nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi. Sebelum batik, UNESCO terlebih dahulu sudah mengakui keris dan wayang.

Dapat disimpulkan kini batik telah diakui oleh dunia. Oleh karena itu, kita perlu bangga memakai batik sebagai identitas bangsa Indonesia. Nah, itulah tanggal peringatan Hari Batik Nasional beserta sejarahnya yang dapat dirangkum, semoga bermanfaat ya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *