Pelabuhan Speedboat Keramat Tana Tidung Resmi Difungsikan

IKONIK: Pelabuhan Keramat yang terletak di perbatasan Desa Sedulun dan Desa Tideng Pale.

TANA TIDUNG – Dinantikan banyak pihak untuk bisa segera dioperasikan. Pelabuhan penumpang speedboat Keramat akhirnya diresmikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung, pada awal Februari 2023.

Sebelumnya aktivitas penumpang speedboat reguler di Bumi Upun Taka itu dilakukan di pelabuhan Desa Tideng Pale.

Lokasi pelabuhan baru ini juga terbilang strategis, yakni berada di antara perbatasan Desa Tideng Pale dan Sedulun.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tana Tidung, Vito menerangkan, pelabuhan dengan corak berwarna cokelat tua itu akan digunakan sebagai pelabuhan speedboat reguler.

“Untuk speed boat non reguler tetap akan beroperasi di pelabuhan lama Tideng Pale,” terang Vito, Rabu, 1 Februari 2023.

Serangkaian uji coba juga telah dilakukan pada Pelabuhan Keramat ini. Meliputi uji coba rekayasa pelayanan, ketahanan bangunan hingga uji coba pasang-surut air.

“Semua uji coba itu perlu kita lakukan, agar pelabuhan ini bisa dinyatakan layak. Akhirnya pelabuhan ini resmi bisa kita gunakan,” ujarnya.

Lalu pada pelayanan armada di pelabuhan tersebut juga masih sama yaitu dengan tiga speedboat reguler dengan jadwal yang sama dengan pelabuhan sebelumnya.

Diresmikannya pelabuhan ini juga turut mengundang antusias masyarakat yang akan menggunakan pelabuhan tersebut. Seperti Imam, warga Tideng Pale menyebut sudah seharusnya aktivitas pelabuhan dialihkan ke pelabuhan baru.

“Alhamdulillah walau belum coba juga pelabuhan baru tetapi kita senang, karena kalau di hari libur pelabuhan yang biasanya itu penuh di dermaganya. Takut hal yang tidak diinginkan terjadi. Kalau sudah yang baru sepertinya lebih kokoh dan nyaman,” tutup Imam. (rs)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *