Kilang Mini LGN Diharapkan Bupati Mampu Membawa Manfaat bagi Masyarakat

LUNCURKAN: Bupati Ibrahim Ali saat peresmian kilang mini Liquefied Natural Gas (LNG) Nusantara di Desa Tana Merah Barat.

TANA TIDUNG – Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara bersama Anggota DPR RI Komisi VII meresmikan kilang mini Liquefied Natural Gas (LNG) Nusantara di Desa Tana Merah Barat, Kecamatan Tana Lia, Ahad (30/4/2023).

Beroperasinya kilang mini LNG milik PT Kayan LNG Nusantara tersebut merupakan kilang mini pertama di Indonesia, dan diproyeksikan dapat meningkatkan perekonomian di lingkungan perusahaan dan menjadi percontohan bagi daerah lain.

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali berharap kilang mini LNG dapat meningkatkan lapangan kerja untuk warga Kabupaten Tana Tidung, khususnya masyarakat Kecamatan Tana Lia.

“Saya juga berharap kepada perusahaan dapat terus bersinergi dan mendukung capaian visi misi pemerintah daerah Kabupaten Tana Tidung melalui Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan,” ungkap Bupati Ibrahim Ali.

Sementara Direktur PT Kayan LNG Nusantara, Anthony Lesmana mengatakan, LNG yang nantinya akan diproduksi di pabrik ini akan dipasarkan ke pasar domestik dan juga untuk kebutuhan ekspor.

“Jadi pemanfaatan gas dengan skema mini LNG ini kami harapkan dapat menjadi percontohan untuk pemanfaatan gas lainnya di remote area atau kawasan marginal lainnya,” katanya.

Diketahui pembangunan kilang mini LNG ini menelan biaya hingga Rp2 triliun. Oleh sebab itu ia berharap dukungan dari SKK Migas, PT. Pertamina, PT. Medco untuk secara konsisten menyuplai gas ke kilang mini minimal 22 MMSCFD selama 20 tahun. (rs)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *