Disparpora Tana Tidung Agendakan Pesta Panen Desa Sapari Masuk Kalender Calendar of Event Kaltara

PARIWISATA: Syukuran pesta panen di Desa Sapari yang digelar pada 3 Mei 2023. 

TANA TIDUNG – Syukuran pasca panen di Desa Sapari, Kecamatan Muruk Rian berlangsung meriah dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Acara yang digelar pada 3 Mei 2023 tersebut dihadiri Ketua TP PKK Tana Tidung Vamelia Ibrahim, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tana Tidung, Mesak, S.E., M.HP beserta tim dari bidang pariwisata dan perwakilan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, serta Disperindagkop Tana Tidung.

Syukuran pasca panen ini merupakan ungkapan rasa syukur dari masyarakat Desa Sapari atas berkat yang diberikan Tuhan kepada Bumi Sapari, sehingga masyarakat mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Syukuran ini pertama kali dilaksanakan sebagai perayaan. Sebelumnya, hanya dilaksanakan dengan kegiatan doa bersama di gereja setempat.

Plt Disparpora Tana Tidung, Mesak mengungkapkan kegiatan syukuran pasca panen ini dilakukan untuk mendorong kepariwisataan di Desa Sapari yang merupakan salah satu desa wisata di Bumi Upun Taka.

“Ke depannya acara ini direncanakan akan rutin dilakukan setiap tanggal 24 April, supaya pesta panen ini bisa juga masuk dalam Calendar of Event Provinsi Kaltara,” ujar Mesak.

Serangkaian acara juga dilakukan dalam syukuran pasca panen ini. Mulai dari penampilan kesenian, lomba kuliner yang diikuti oleh seluruh masyarakat desa sapari.

“Acara ini dilaksanakan dengan menjujung tinggi kebhinekaan, sehingga seluruh masyarakat Desa Sapari bisa mengikuti kegiatan ini walaupun berasal dari berbagai suku yang berbeda. Pada acara ini juga masayarakat Desa Sapari mengenakan pakaian adat khas suku mereka masing-masing,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *