Dekranasda akan Masifkan Lagi Promosi Produk Khas Tana Tidung

Ketua Dekranasda Tana Tidung, Vamelia Ibrahim

TANA TIDUNG – Berbagai upaya dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Tana Tidung (Dekranasda) untuk mengangkat potensi kerajinan khas Tana Tidung.

Mulai dari berbagai kegiatan promosi dilakukan untuk mengenalkan dan memasarkan produk kerajinan tangan dari Bumi Upun Taka tidak hanya di wilayah Kaltara namun juga hingga kancah nasional.

Ketua Dekranasda Tana Tidung Vamelia Ibrahim Ali, menginginkan kualitas produk terus meningkat melalui berbagai pelatihan, workshop, edukasi dan lainya. Di samping pemasaran produk.

“Hari ini saya mengusulkan langsung kepada kepala Disperindagkop untuk mengadakan pelatihan memayet dan memanik karena saya ingin mengeluarkan produk baju dan tas yang ada manik dan payetnya,” ungkap Vamelia, Senin (22/5/2023).

Selain itu, pelatihan lain yaitu kegiatan membordir dan pengadaan mesin bordir kepada pelaku industri kecil, sehingga ke depan diharapkan produk khas Tana Tidung bisa bersaing dengan daerah lain.

“Kenapa saya memilih batik dan bukan tas rotan karena kita lihat kalau untuk tas rotan memang sudah ada di Kabupaten Malinau. Jadi kami akan mengangkat batik karena batik itu nanti akan di Payet dan di bordir,” tuturnya.

Kegiatan promosi akan dilakukan oleh Dekranasda di berbagai kesempatan.

“Mungkin nanti akan mengundang selebgram untuk membantu promosi produk kami, termasuk menggunakan produk UMKM di setiap kegiatan,” ucapnya.

Terkait dengan anggaran, diakui Vamelia memang sebelumnya terkendala dianggaran sehingga kurang fokus, namun untuk masalah anggaran ke depan akan disiapkan.

“Mungkin dahulunya kita kurang fokus masalah anggaran, kata bapak Bupati (Ibrahim Ali) anggaran untuk pembatik dan lain lain Insya Allah ke depannya kami sudah menyiapkan anggaran untuk itu,” tuntasnya. (rs)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *