Sukseskan Sensus Pertanian, Wabup Hendrik Minta Kerjasama Masyarakat

BUKA: Wakil Bupati Hendrik saat membuka Rakor Sensus Pertanian Tahun 2023 sekaligus Kick Off Desa Cantik De Kubab Kabupaten Tana Tidung.

TANA TIDUNG – Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus Pertanian Tahun 2023 sekaligus Kick Off Desa Cantik De Kubab Kabupaten Tana Tidung, resmi dibupati Wakil Bupati Hendrik, Rabu (31/5/3023).

Sesuai jadwal pada 1 juni hingga 31 Juli 2023, BPS akan menyelenggarakan sensus pertanian di seluruh Indonesia, hal ini sesuai dengan amanat UU nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, penyelenggaraan sensus dilakukan 10 tahun sekali dalam hal ini termasuk penyelenggaraan sensus pertanian.

Mensukseskan sensus ini, Wabup Hendrik mengimbau kepada masyarakat Tana Tidung agar selalu mendukung kegiatan dan program BPS ini dengan memberikan data yang akurat. Sehingga data yang dihasilkan dalam sensus pertanian dapat dijadikan rujukan untuk satu data pertanian Indonesia.

“Sensus pertanian ini dilaksanakan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat untuk bahan perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya di sektor pertanian yang mencakup 7 sub sektor yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan dan jasa pertanian,” ungkapnya.

Menurut Hendrik, diperlukan dukungan dari setiap pemangku kebijakan mulai pada level tertinggi sampai pada level desa. Karena peran desa sangat penting dalam sensus pertanian guna menguatkan data atau statistik sebab desa merupakan ujung tombak pengumpul data. Oleh sebab itu maka diperlukan adanya pembinaan desa statistik untuk memperbaiki data sesuai dengan sumbernya.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah kabupaten Tana Tidung, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas gagasan sebuah program pembinaan desa yaitu, pembinaan desa cinta statistik (desa cantik) dengan edukasi dan kolaborasi untuk bangkit bersama dalam upaya penguatan desa di bidang statistik”, imbuhnya. (rs)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *