Ikuti Rakornas APIP 2023, Ini yang Jadi Antensi Bupati Ibrahim Ali

HADIRI: Bupati Ibrahim Ali saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Jakarta.

JAKARTA – Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali didampingi Inspektur menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan APIP Daerah secara nasional yang diinisiasi Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi, KPK yang diselenggarakan di Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023).

Rakor yang bertujuan memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) tersebut dihadiri berbagai stakeholder terkait, termasuk perwakilan dari APIP pusat, pemerintah daerah, akademisi, dan praktisi terkait tata kelola pemerintahan. APIP berperan penting dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi di sektor pemerintahan daerah.

Melalui rapat ini, membahas rencana strategis APIP untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan intern di tingkat daerah. Selain itu juga menyiapkan langkah-langkah konkret guna memperkuat APIP daerah yang disusun dan dibahas secara kolektif.

“Rapat tadi juga membahas terkait pembaruan kebijakan dan peraturan dalam rangka memastikan APIP daerah dapat beroperasi sesuai standar. Termasuk membahas inisiatif pengembangan kapasitas untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para anggota APIP. Pelatihan terkini dan pendekatan terbaik dan telah dibahas bersama,” ujar Ibrahim Ali.

Selain itu juga dilakukan evaluasi terhadap kinerja APIP di daerah guna mengidentifikasi keberhasilan, hambatan, dan potensi perbaikan serta sekaligus menjadi wadah memperkuat kolaborasi antara APIP dengan entitas terkait lainnya. Seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat, dan lembaga pengawasan lainnya.

“Saya berharap dengan Rakor APIP ini dapat diimplementasikan di Kabupaten Tana Tidung sehingga perbaikan terus ditingkatkan untuk memperkuat peran dan fungsi APIP di daerah demi terwujudnya Tana Tidung yang bermartabat sejahtera Indah dan Humanis (BERSIH),” tuntasnya. (DAZ)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *