Ibrahim Ali Ajak Orang Tua Ikut Pahami P-5

HADIRI: Bupati Ibrahim Ali saat menghadiri eksebisi dan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) di SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.

TANA TIDUNG – Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali menghadiri eksebisi dan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) di SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung, Selasa (21/11).

Dalam sambutannya Ibrahim Ali mengapresiasi gelaran P-5 dengan harapan karya yang telah berhasil dibuat dan dilaksanakan dapat memperteguh nilai-nilai pancasila dalam kehidupan.

P-5 ini adalah inisiatif yang bertujuan untuk menggali, memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari para pelajar.

“Tidak hanya itu, peran orangtua sangat penting dalam pendidikan yang berperan dalam membentuk pola pikir, nilai dan sikap anak-anaknya. Jadi tidak hanya berpusat pada peran guru sebagai motivator dan edukator belajar di sekolah melalui projek P-5 ini, akan tetapi dalam projek P-5, orang tua juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya,” ungkap Ibrahim Ali.

Orang tua, kata Ibrahim, perlu memahami tujuan dan manfaat dari P-5. Ini membantu mereka mendukung proses pembelajaran di rumah dan berkontribusi pada penguatan karakter anak-anak.

Lalu, membuka ruang diskusi di rumah tentang nilai-nilai Pancasila dan bagaimana anak-anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini dapat mencakup cerita, pertanyaan, atau contoh-contoh yang relevan. Lalu orang tua dapat mendukung anak-anak dalam berpartisipasi di kegiatan p-5 di sekolah, seperti diskusi kelompok, proyek, atau seminar.

“Dengan melakukan peran tersebut tentu projek P-5 oleh guru dan orangtua ke anak-anak akan melahirkan pelajar pancasila yang luar biasa yang akan mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan kaya akan prestasi,” tuntasnya. (DAZ)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *