Warga Desa Tengku Dacing Kini Bisa Mengakses Internet

Warga di Desa Tengku Dacing dan sekitarnya kini bisa mendapatkan akses internet yang merata seperti daerah lain, Jumat (6/1)

TANA TIDUNG – Warga Desa Tengku Dacing, Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung saat ini sudah bisa menikmati jaringan telekomunikasi hingga mengakses internet.

Hal tersebut seiiring dengan selesainya pembangunan Tower Base Transceiver Station atau BTS oleh Telkomsel dan sudah diaktifkan.

Tower setinggi 72 meter tersebut dibangun untuk mengatasi kesenjangan layanan telekomunikasi di Desa Tengku Dacing.

“Masyarakat di Desa Tengku Dacing dan sekitarnya saat ini bisa mendapatkan akses internet yang merata, seperti daerah lain” kata Dicky Sumastyono, S.Kom., M.A.P mewakili Kadis Kominfo Uus Rusmanda, Jumat (6/1/2023).

Pembangunan tower telekomunikasi ini merupakan bagian upaya Pemda Tana Tidung untuk masyarakat.

“Pihak Telkomsel sudah merilis resmi, dan menyampaikan kepada saya bahwa pada tanggal 6 tersebut tim mereka berada di lokasi yaitu Desa Tengku dacing untuk melakukan proses aktivasi dan hari itu juga Tower Telkomsel tersebut sudah on air ujar,” Dicky kepada Fokusborneo.com.

Dicki mengungkapkan setelah tower diaktifkan pihaknya melakukan uji coba menghubungi kepala desa Tengku Dacing, tapi belum ada jawaban karena kesibukan Kades.

“Kemudian saya menghubungi salah satu guru di desa Tengku Dacing memberikan informasi kepada saya bahwa benar memang Tower BTS Telkomsel tersebut sudah aktif,” ungkapnya.

Kabid Dicki merasa bangga dan senang akan pencapaian yang luar biasa bagi Pemerintah Daerah Tana Tidung, dimana di masa kepemimpinan Bupati Ibrahim Ali dan Wakilnya Hendrik dan atas kerja keras bersama, bisa menghadirkan Tower BTS di Desa Tengku Dacing.

 

Dengan adanya Tower BTS tersebut menjadi dambaan warga Tengku Dacing yang sudah bertahun-tahun terisolir dan terpelosok tidak memiliki jaringan seluler.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Tengku Dacing Kiky Candra mengatakan bahwa dipilihnya lokasi pembangunan tower saat ini dikarenakan Desa Tengku Dacing merupakan titik terjauh pusat pemerintahan. Oleh karena itu diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses internet sehingga bisa mengatasi kesenjangan akses terhadap internet guna menunjang perekonomian masyarakat khususnya di Desa Tengku Dacing.

Pembangunan tower tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah blank spot di desa Tengku Dacing, Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung.

“Sangat diharapkan dapat mengurangi blank spot, bahkan dapat digunakan untuk menunjang sistem pelayanan masyarakat,” ungkap Kades termuda di Kabupaten Tana Tidung Kiky. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *