Serangkaian Kegiatan Stasiun PSDKP Tarakan dalam Menyemarakkan HUT KKP ke-24

TARAKAN – Stasiun PSDKP Tarakan melaksanakan sejumlah kegiatan berbasis Ekonomi Biru dalam rangkaian Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan mulai dari 22 Oktober 2023 sampai dengan 23 Oktober 2023.

“Tahun lalu kita ulang tahun Tagline-nya Ekonomi Biru, kegiatannya bersih-bersih laut. Sekarang pun tetap ada, karena ekonomi biru ini akan terus ada sampai kapan pun”, ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Stasiun PSDKP Tarakan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dimulai pada Hari Minggu 22 Oktober 2023 dengan melaksanakan kegiatan senam bersama dan bersih pantai yang berlokasi di Pelabuhan Perikanan SKPT Sebatik dan Kantor Satwas SDKP Nunukan diikuti oleh 110 peserta dari berbagai instansi dengan sampah yang terkumpul sebanyak 4 Ton.

Selanjutnya, pada tanggal 23 Oktober 2023 Stasiun PSDKP Tarakan juga melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi para nelayan dan donor darah yang berlokasi di Kantor Stasiun PSDKP Tarakan dengan jumlah pendonor sebanyak 46 orang dan pemeriksaan kesehatan kepada 20 orang nelayan.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan pemberian bea siswa kepada anak nelayan berprestasi yang berlokasikan tidak hanya di Stasiun PSDKP Tarakan tetapi juga di Satwas SDKP Nunukan dengan jumlah penerima sebanyak 25 orang siswa.

Tidak hanya itu saja, kegiatan PSDKP Mengajar, Open Ship & Joy Sailling juga turut serta memeriahkan pelaksanaan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan di Satwas SDKP Kotabaru dan Satwas SDKP Nunukan yang merupakan wilayah kerja dari Stasiun PSDKP Tarakan.

Open Ship dan Joy Sailling dilaksanakan menggunakan KP Hiu 07 di dermaga PPI Kotabaru. Yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan PSDKP mengajar yang dilaksanakan di wilayah Kotabaru-Kalimantan Selatan. Pemberian materi pembelajaran oleh Koordinator Satwas SDKP Kotabaru dan Nakhoda serta perwira Kapal Pengawas HIU 07 di SMA Negeri 2 Kotabaru dengan materi Sosialisasi Tugas dan Fungsi Satwas SDKP Kotabaru serta Keberadaan Kapal Pengawas HIU 07 di bawah kendali Stasiun PSDKP Tarakan.

Selain di Kotabaru-Kalimantan Selatan, wilayah kerja Stasiun PSDKP Tarakan lainnya yaitu Satwas SDKP Nunukan tepatnya di Sebatik Kab. Nunukan juga turut menggelar kegiatan PSDKP mengajar di SD Negeri 001 Sebatik Utara dan TK Pembina Sebatik Utara dengan penyampaian materi terkait Tugas dan Fungsi Pengawas Perikanan, Sosialisasi Pencegahan Kegiatan Destructive Fishing dan Sosialisasi Jenis Ikan yang dilindungi. (**)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *