Tingkatkan Penerangan Jalan, 5000 PJU Bakal Dibenahi

TARAKAN – Guna meningkatkan penerangan Jalan di malam hari, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tarakan bakal melakukan pembenahan pada 5000 tiang Penerangan Jalan Umum (PJU).
Saat diwawancara, Kepala Dishub Kota Tarakan, Ahmady Burhan menerangkan, perbaikan akan dilakukan pada jalan umum maupun pemukiman.

“Kami lakukan perawatan kurang lebih sekitar 5.000 titik PJU. Perbaikan akan dilakukan pada jalan umum maupun permukiman. Yang kami lakukan ini ada dua, untuk perawatan yang sudah ada sama pengadaan yang belum ada,”kata Ahmady.

Lanjutnya, khusus PJU yang baru, diperuntukkan bagi titik-titik yang dinilai sangat memerlukan demi mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bagi pengguna jalan. Di antaranya di samping Bandar Udara (Bandara) Juata Tarakan.

“Jalan Aki Balak sekitar bandara Juwata mendapat perhatian serius karena banyak dikeluhkan masyarakat. Untuk proses pemasangan di titik itu tentu harus mendapat izin dari Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan terkait keselamatan penerbangan,”ungkapnya.

Ia mengatakanmelihat seolah-olah kami pemerintah tidak peka menindaklanjuti laporan masyarakat? Ini semata-mata karena adanya Undang-Undang Keselamatan Lalu Lintas Udara. Sudah dilakukan, bersurat kepala daerah, sudah dibalas, maka kita diizinkan memasang satu titik di samping bandara,” terangnya.

Lanjutnya, pihaknya akan memasang PJU sesuai titik koordinat yang diberikan Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan. Adapun jenis PJU tersebut menggunakan tenaga surya, sebagaimana arahan Wali Kota Tarakan.

“Untuk pemeliharaan PJU, selain penggantian lampu, kami juga akan melakukan penggantian tiang yang dinilai sudah keropos. Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bagi pengguna jalan.
Beberapa pekan terakhir, kami sudah melakukan peninjauan bersama dinas terkait terhadap tiang-tiang yang korosi dan berpotensi membahayakan pengguna jalan. Meski akan diganti, tetap harus diproses nilai asetnya,”tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *